Senin (1/4), BMKG melalui Biro Umum menyelenggarakan Workshop Pembinaan Pengelola Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK BMN) yang bertempat di Hotel Orchardz, Jakarta. Tema yang diangkat dalam workshop ini Dengan Pembinaan SIMAK BMN 2013 kita pertahankan Opini BPK dan Tingkatkan Award Kementerian Keuangan.

Selama 3 Tahun berturut-turut dari tahun 2008-2009, dalam pelaporan keuangan BMKG mendapat opini WTP dan Tahun 2010-2011 WTP Murni serta puncaknya di tahun 2012 dimana BMKG mendapat Award dari Menteri Keuangan berupa Juara II untuk kategori Kepatuhan Pelaporan dan Juara III untuk Kategori Utilisasi.

Kepala Biro Umum Pesoth Daniel, S.Si Selaku Ketua Penyelenggara dalam laporannya menjelaskan bahwa tujuan workshop ini adalah terlaksananya pembinaan SIMAK BMN terkait Aplikasi Penyusutan dan Inventarisasi BMN, dengan sasaran yang ingin dicapai adalah pelaksanaan Inventarisasi BMN tahun 2013 dan Penerapan Aplikasi Penyusutan dalam Aplikasi SIMAK BMN 2013 sehingga dapat menghasilkan Laporan Barang Milik Negara sesuai peraturan yang berlaku.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Utama BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M. Eng. Dalam sambutannya Sekretaris Utama BMKG menegaskan perlunya melakukan Inventarisasi Asset BMN, Perencanaan peningkatan kapabilitas Petugas BMN dan Sarana Prasarana pendukungnya serta Labelisasi seluruh Barang Milik Negara di lingkungan BMKG.

Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari (01 – 04 April 2013) ini dihadiri Kepala Biro Perencanaan Drs. Untung Merdijanto M.Si, Inspektur BMKG Drs. M Rifangi, Pejabat Eselon III-IV di lingkungan BMKG, dan Dr. Asep Suryadi, MSi selaku Kepala Sub Direktorat BMN II mewakili Direktur BMN DJKN serta diikuti 222 peserta pegawai BMKG Pusat dan Daerah di seluruh Propinsi Indonesia.