Sabtu-Selasa, (5-8/7) Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah I Medan melakukan Rekonsiliasi Keuangan berlangsung selama empat hari, bertempat di Hotel Madani Medan, yang diikuti oleh 29 satker dengan jumlah 91 peserta dari BMKG Wilayah I.

Kegiatan dilaksanakan dengan Tema Melalui Rekonsiliasi Laporan Keuangan, Kita Tingkatkan Integritas dan Profesionalisme Pengelola Keuangan Untuk Tetap Mempertahankan Opini WTP.

Acara diawali dengan laporan ketua penyelenggara kegiatan Kepala Balai Besar MKG Wilayah I Drs. Herry Saroso yang dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan adalah untuk melakukan penyusunan Laporan Keuangan yang akurat dengan presisi tinggi, dan juga memastikan realisasi belanja modal pada SAKPA sudah tercatat seluruhnya pada SIMAK-BMN,dengan demikian Laporan Keuangan dan BMN bisa tepat waktu dan dapat dipertanggung jawabkan dengan baik secara administrasi, keakuratan datanya, maupun kebenaran materinya, sehingga opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Murni yang telah diraih niscaya dapat dipertahankan.

Kepala BMKG  Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng dalam sambutannya yang sekaligus membuka acara mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari mekanisme fasilitasi penyusunan dan penyampaian laporan keuangan Kementerian/Lembaga kepada Menteri Keuangan Tahun 2014 ini untuk menghasilkan keakuratan dan ketepatan waktu penyampaian laporan, dan juga untuk menyamakan persepsi di dalam pelaksanaan tindak lanjut hasil pemeriksaan laporan keuangan BMKG oleh BPK RI, selain itu kegiatan ini juga sebagai wahana percepatan penyusunan laporan keuangan BMKG semester I tahun 2014 dan untuk mensosialisasikan peraturan-peraturan baru. Dr. Andi Eka menambahkan bahwa kita akan launching Aplikasi SIPBB (Sistem Pengelolaan Barang Milik Negara BMKG) yaitu sistem Pengiriman dan Monitoring data transaksi SIMAK BMN untuk setiap perubahan transaksi melalui data base BMN Pusat secara otomatis.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Biro Umum, Kepala Biro Perencanaan, Tim Review Inspektorat BMKG, serta Pembimbing Rekon dari BMKG Pusat, dan juga Nara sumber dari Kementerian Keuangan Jakarta.