Makassar, (11/7) bertempat di Hotel Best Western Plus Makassar Beach Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah IV melaksanakan Rekonsiliasi Keuangan dengan tema “Melalui Rekonsiliasi Laporan Keuangan Kita Tingkatkan Integritas dan Profesionalisme Pengelola Keuangan Untuk tetap mempertahankan Opini WTP”.

Kegiatn ini dibuka secara resmi oleh Deputi Bidang Klimatologi Dr. Widada Sulistya, DEA didampingi Pelaksana Harian Kepala BBMKG Wil IV Sukisno, SP, Kepala Biro Umum Pesoth Daniel, S.Si, serta perwakilan Inspektorat. Dalam sambutannya Dr. Widada menyampaikan nilai penting dan strategis dilaksanakannya rekonsiliasi keuangan ini, yakni “rekon merupakan sebuah mekanisme fasilitasi penyusunan dan penyampaian laporan keuangan Kementerian/lembaga kepada Kementerian Keuangan, selain itu rekon merupakan wahana untuk menyamakan persepsi dalam pelaksanaan tindak lanjut hasil pemeriksaan laporan keuangan BMKG oleh BPK, dan yang terakhir sebagai sebuah wahana untuk menyampaikan sosialisasi peraturan-peraturan baru terkait dengan pengelolaan dana APBN”, ujar Dr. Widada.

Selain itu Dr. Widada berharap dengan adanya rekonsiliasi keuangan yang serempak yang dilaksanakan di 5 Balai Besar MKG ini menghasilkan output laporan keuangan BMKG yang berkualitas, sehingga opini WTP yang telah diperoleh BMKG bisa tetap dipertahankan. Sasaran dari kegiatan ini diharapkan penyusunan laporan keuangan dan Barang Milik Negara (BMN) semester 1 tahun 2014 tingkat wilayah BBMKG wilayah IV bisa diselesaikan dengan baik, serta tersusunnya data SAI dan SABMN BBMKG wilayah IV.

Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari ke depan (11-14/7) dan bertepatan dengan bulan ramadhan 1435 H dihadiri oleh para Kepala UPT BBMKG wilayah IV, peserta rekon, serta narasumber dari Biro Perencanaan BMKG, Pusdiklat BMKG, DJKN, serta DJPB.