Kepala BMKG DR.Andi Eka Sakya,M.Eng dalam sambutan pembukaan acara Workshop SIMAK Barang Milik Negara (BMN) yang diikuti 148 peserta di lingkungan BMKG mengatakan bahwa penyusunan laporan BMN yang tepat dan akurat merupakan urat nadi dari sebuah organisasi. Hal ini sangat penting sehingga memberikan pengaruh terhadap hasil Wajar Tanpa Pengecualian(WTP) atau Wajar Dengan Pengecualian(WDP) yang pada akhirnya akan mempengaruhi nilai dari tunjangan kinerja.

Pada kesempatan itu juga dijelaskan rencana induk BMKG sejak tahun 2015 hingga tahun 2045. Berkaitan dengan SIMAK BMN, ada lima butir arahan Kepala BMKG ; 1. Kembangkan kemampuan dasar, 2. Persiapkan menghadapi perubahan, otomatisasi, 3. Lanjutkan inventarisasi BMN, 4. Lanjutkan peningkatan kapasitas petugas BMN dan sarana pendukungnya, 5. Antisipasi perkembangan organisasi.

Dalam acara pembinaan peningkatan kualitas penyusunan laporan SIMAK BMN tahun 2015 disampaikan kembali oleh Kepala BMKG tentang tugas pokok dan fungsi BMKG yang diatur dalam UU No.31/2009 tentang Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. Indikatornya dari unsur meteorologi meliputi keselamatan transportasi, klimat-kualitas udara meliputi pertanian dan nelayan (nilai ekonomi), gempa bumi meliputi korban dan kerusakan. Pelayanan yang cepat, tepat, akurat, luas dan dipahami didukung oleh 5 faktor utama ; Lembaga, SDM, Manajemen, Teknologi, Regulasi./bim

::: Humas