Padang, Sumbar, Senin kemarin (28/12) dilaksanakan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Alih Status BMN antara BMKG dan LAPAN yang bertempat di Gedung Administrasi BPAA LAPAN Bukit Koto Tabang, Agam, Sumatera Barat. Berita acara yang ditandatangani yaitu serah terima jalan desa sepanjang 2,7 kilometer beserta fasilitasnya yang terdiri dari jembatan, bangunan penguat tebing, bangunan pos jaga permanen, dan rambu cermin dari BMKG kepada LAPAN. Dalam kegiatan ini, juga dilakukan serah terima tanah seluas 14.590 meter persegi di Desa Jorong Muaro, Kenagarian Koto Rantang, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatera Barat dari LAPAN kepada BMKG
Tujuan alih status ini bagi BMKG sendiri adalah untuk memperjelas, pengawasan, dan pengamanan aset terutama pada stasiun GAW Koto Tabang. Sementara bagi LAPAN, serah terima ini dapat mengembangkan kegiatan di Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer LAPAN Koto Tabang.
Acara penandatanganan dihadiri langsung Kepala BMKG, Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng didampingi oleh Sestama BMKG, Dr. Widada Sulistya, DEA. Sementara dari pihak LAPAN, hadir secara langsung Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin dengan didampingi Sestama LAPAN, Il Arisdiyo.
Dalam sambutannya, Kepala BMKG menyampaikan ucapan terima kasihnya dan berharap agar BMN yang diserah terimakan bisa dimanfaatkan untuk pengembangan Stasiun GAW di Bukit Koto Tabang.
Sementara Kepala LAPAN sendiri menyatakan bahwa acara ini adalah merupakan salah satu bentuk peningkatan kerjasama antara LAPAN dan BMKG. Kedua lembaga ke depan juga akan meningkatkan kerja sama dan sinergi di bidang atmosfer.
Perwakilan dari BMKG yang ikut menghadiri acara ini adalah Kepala Biro Umum, Kepala Balai Besar MKG Wilayah I, Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang, dan Kepala Subbag Pengelolaan BMN. Sementara dari pihak LAPAN ikut hadir Deputi Sains Antariksa dan Atmosfer, Kepala Biro Kerjasama, Humas, dan Umum, dan Kepala Subbag Pengelolaan BMN.
Setelah acara selesai, rombongan Kepala BMKG juga mengunjungi beberapa satuan kerja (satker) yang ada di wilayah Sumatera Barat. KBMKG dalam kunjungan tersebut menyempatkan diri mengadakan tanya jawab dengan para staff yang ada di satker serta melakukan pengecekan lokasi dan kondisi gedung dan peralatan pengamatan.(kd)

::: Humas