Sebagai Pembina Satker (Pengguna Barang)
Penetapan Status Penggunaan (PSP) BMN
- Melakukan analisis usulan PSP Satker di lingkungan BMKG
- Menyiapkan bahan dan meneruskan usulan PSP Satker di lingkungan BMKG ke Pengelola Barang terhadap BMN yang kewenangan pengelolaannya berada di Pengelola Barang Pusat (DJKN)
- Berkoordinasi dengan Pengelola Barang Pusat (DJKN)
- Melakukan dokumentasi Usulan dan Keputusan PSP di lingkungan BMKG
- Melakukan Monitoring dan evaluasi PSP satker di lingkungan BMKG
Pemanfaatan BMN
- Melakukan Analisis usulan Pemanfaatan BMN Satker di lingkungan BMKG
- Melakukan Verifikasi lapangan usulan Pemanfaatan BMN Satker di lingkungan BMKG
- Menyiapkan bahan ijin/persetujuan Pemanfaatan BMN Satker di lingkungan BMKG
- Menyiapkan bahan dan meneruskan usulan Pemanfaatan BMN Satker di lingkungan BMKG ke Pengelola Barang terhadap BMN yang kewenangan pengelolaannya berada di Pengelola Barang Pusat (DJKN)
- Berkoordinasi dengan Pengelola Barang Pusat (DJKN)
- Mengajukan permohonan penerbitan Perjanjian Sewa BMN Satker di lingkungan BMKG ke Biro Hukum dan Organisasi
- Melakukan Monitoring dan Evaluasi Pemanfaatan BMN di lingkungan BMKG
- Melakukan dokumentasi Usulan, Persetujuan/Ijin dan Perjanjian Pemanfaatan BMN di lingkungan BMKG
- Membuat draft laporan Pemanfaatan BMN di lingkungan BMKG
Rencana Kebutuhan BMN (RKBMN)
- Menyusun jadwal (time schedule), koordinasi penyusunan dokumen RKBMN di lingkungan BMKG sesuai edaran dari Pengelola Barang
- Melakukan analisis usulan RKBMN Satker di lingkungan BMKG
- Melakukan penelahaan awal Dokumen RKBMN PB dengan Inspektorat (APIP)
- Melakukan penelahaan akhir Dokumen RKBMN PB dengan Pengelola Barang
- Melakukan Monitoring dan evaluasi laporan RKBMN satker di lingkungan BMKG melalui Aplikasi Pengelolaan BMN Kemenkeu (SIMAN BMN) melalui pluggin perencanaan
Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) BMN
- Melakukan Monitoring dan evaluasi laporan Wasdal di lingkungan BMKG melalui Aplikasi Pengelolaan BMN Kemenkeu (SIMAN BMN) melalui pluggin perencanaan
Pemindahtanganan dan Penghapusan
- Melakukan Analisis usulan Pemindahtanganan/penghapusan BMN Satker di lingkungan BMKG
- Melakukan Verifikasi lapangan usulan Pemindahtanganan/penghapusan BMN Satker di lingkungan BMKG
- Menyiapkan bahan ijin/persetujuan Pemindahtanganan/Penghapusan BMN Satker di lingkungan BMKG
- Menyiapkan bahan dan meneruskan usulan Pemindahtanganan/Penghapusan BMN Satker di lingkungan BMKG ke Pengelola Barang terhadap BMN yang kewenangan pengelolaannya berada di Pengelola Barang Pusat (DJKN)
- Berkoordinasi dengan Pengelola Barang Pusat (DJKN)
- Mengajukan permohonan keputusan Pemindahtanganan/Penghapusan BMN Satker di lingkungan BMKG ke Pengguna Barang
- Melakukan Monitoring dan Evaluasi Pemindahtanganan/Penghapusan BMN di lingkungan BMKG
- Melakukan dokumentasi Usulan, Persetujuan/Ijin dan Keputusan Pemindahtanganan/Penghapusan BMN di lingkungan BMKG
- Membuat draft laporan Pemindahtanganan/Penghapusan BMN di lingkungan BMKG
Penatausahaan BMN
- Rekonsiliasi data BMN antara satker dan pusat
- Rekonsiliasi internal tingkat KL
- Rekonsiliasi data BMN antar KL dan DJKN
- Menyusun bahan laporan Barang Milik Negara semester dan tahunan;
Sebagai Satker (Sekretariat Utama)
Penetapan Status Penggunaan (PSP)
- Menyiapkan bahan usulan PSP Sekretariat Utama ke Pengguna Barang
- Menyusun bahan usulan PSP Satker Sekretariat Utama ke Pengelola Barang
- Melakukan input usulan PSP Satker Sekretariat Utama ke Pengelola Barang dan Pengguna Barang ke Aplikasi Pengelolaan BMN Kemenkeu (SIMAN BMN) melalui pluggin e-Pengelolaan BMN
- Melakukan input perekaman SK dalam Aplikasi Pengelolaan BMN Kemenkeu (SIMAN BMN) melalui pluggin Perekaman SK
Rencana Kebutuhan BMN (RKBMN)
- Melakukan koordinasi, analisis dan input usulan Dokumen RKBMN Satker Sekretariat Utama melalui Aplikasi Pengelolaan BMN Kemenkeu (SIMAN BMN) melalui pluggin perencanaan
Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) BMN
- Menyusun bahan Wasdal Satker Sekretariat Utama ke Pengelola Barang
- Melakukan input laporan Wasdal dalam Aplikasi Pengelolaan BMN Kemenkeu (SIMAN BMN) melalui pluggin Perekaman SK
Pemindahtanganan dan Penghapusan
- Menyiapkan bahan usulan Pemindahtanganan/Penghapusan BMN Satker Sekretariat Utama ke Pengelola Barang
- Melakukan input usulan Pemindahtanganan/Penghapusan Satker Sekretariat Utama ke Pengelola Barang dan Pengguna Barang ke Aplikasi Pengelolaan BMN Kemenkeu (SIMAN BMN) melalui pluggin e-Pengelolaan BMN
- Melakukan input penghentian penggunaan terhadap BMN yang disetujui untuk Pemindahtanganan/Penghapusan pada Satker Sekretariat Utama ke Aplikasi Penatausahaan BMN Kemenkeu (SIMAK BMN)
- Membuat draft permohonan jadwal pelelangan BMN ke pengelola Barang
- Membuat draft nota dinas permohonan penerbitan Surat Keputusan Penghapusan BMN
- Melakukan input Penghapusan BMN pada Satker Sekretariat Utama ke Aplikasi Penatausahaan BMN Kemenkeu (SIMAK BMN)
- Membuat draft laporan Penghapusan BMN di Settama
Penatausahaan BMN
- Mengumpulkan, meneliti dan memverifikasi dokumen sumber pengadaan BMN yang berupa SPM, SP2D, dokumen kontrak, LHI (Laporan Hasil Inventarisasi) BMN dsb;
- Menginput data belanja modal
- Mengumpulkan, meneliti dan memverifikasi data non belanja modal (reklas, transfer dan perubahan kondisi)
- Menginput data non belanja modal (reklas, transfer dan perubahan kondisi)
- Memberi tanda registrasi terhadap semua BMN di lingkungan BMKG dan memonitor secara berkala terhadap keberadaan nomor inventaris tersebut;
- Menerima data dari aplikasi persediaan untuk digabung dengan apliksi SIMAK BMN sehingga tersedia laporan SIMAK BMN dan mencerminkan laporan persediaannya;
- Mengirim data dari SIMAK BMN untuk penggabungan dengan SAIBA, serta membuat file ADK (Arsip Data Komputer) untuk dikirim sebagai bahan penggabungan laporan;
- Mencetak registrasi transaksi harian (persediaan dan SIMAK)
- Membuat Berita Acara Rekonsiliasi Internal Data Barang Milik Negara Sestama Bulanan, Semesteran dan Tahunan
- Membuat Mapping Aset Laporan Intrakomptabel Barang Milik Negara Semesteran dan Tahunan
- Mengupload BAR dan dokumen pendukung yang sudah ditandatangani Kepala UAKPB dan dicap basah ke KPKNL melalui aplikasi SIMAN fitur pemutakhiran Data
- Pengecekan ulang draft BAR yang diterbitkan oleh KPKNL melalui aplikasi SIMAN fitur pemutakhiran Data
- Menyusun dan mendokumentasikan bahan Laporan Barang Milik Negara
- Menyiapkan dan menghimpun data yang berkaitan dengan laporan barang sebagai bahan tindak lanjut terhadap hasil review inspektorat dan BPK;
- Membuat Laporan Monitoring SIPBB Bulanan, Semesteran dan Tahunan
Inventarisasi BMN
- Melaksanakan inventarisasi BMN;
- Menyusun LHI (Laporan Hasil Inventarisasi);
Pemanfaatan BMN (Sewa)
- Melakukan Analisis usulan dari calon penyewa terkait Sewa BMN Satker di Sekretariat Utama
- Menyiapkan bahan usulan persetujuan Sewa BMN Satker Sekretariat Utama ke Pengelola Barang sesuai dengan kewenangannya(KPKNL, Kanwil, atau DJKN Pusat)
- Menyiapkan bahan untuk pelaksanaan cek fisik BMN oleh tim penilai pengelola barang
- Membuat draft nota dinas permohonan penerbitan Surat Keputusan Pelaksanaan Sewa BMN di Sekretariat Utama
- Membuat draft nota dinas permohonan penerbitan draft Perjanjian Kerjasama antara Pengguna Barang dan Calon Penyewa
- Membuat Surat Pemberitahuaan persetujuan sewa BMN dari Pengelola Barang beserta dengan Draft Perjanjian Kerjasamanya ke calon penyewa
- Membuat surat penagihan pembayaran pemanfaatan sewa BMN ke calon penyewa
- Menyiapkan bahan untuk penandatanganan kerjasama sewa BMN antara pengguna dan calon penyewa
- Melakukan Monitoring dan Evaluasi pemanfaatan sewa BMN di lingkungan Sekretariat Utama BMKG
- Melakukan dokumentasi Usulan, Persetujuan/Ijin ,Keputusan pelaksanaan sewa ,bukti PNBP,dan perjanjian kerjasama pemanfaatan sewa BMN di lingkungan sekretariat utama BMKG
- Membuat draft laporan pemanfaatan sewa BMN di lingkungan Sekretariat Utama BMKG
Aset Lancar (Gudang)
- Memeriksa Surat Jalan dan memberikan nomor surat jalan ATK
- Melakukan penataan barang masuk ATK
- Memeriksa Surat Jalan dan memberikan nomor surat jalan suku cadang
- Melakukan penataan barang masuk suku cadang
- Mencatat transaksi barang persediaan semester I dan semester II di kartu persediaan
- Mencatat transaksi barang persediaan semester I dan semester II di Aplikasi Penatausahaan BMN (Aplikasi Persediaan)
- Memeriksa dan memverifikasi surat permohonan pengiriman barang dari pihak pengguna
- Membuat Surat Pengantar Pengiriman Persediaan Keluar
- Melakukan proses persiapan Pengiriman Persediaan Keluar
- Melakukan cek fisik antara kartu persediaan dengan lapangan
- Melakukan proses administrasi opname barang diakhir Semester I dan II
- Menyiapkan bahan laporan persediaan semester I dan Semester II
- Menyiapkan proses distribusi barang Persediaan (Bon barang)
- Melayani distribusi barang Persediaan (Pengambilan Barang yang diminta)